--> Skip to main content

MATA MERAH

MEMBANTU MENGATASI MATA MERAH


Berkurangnya ketajaman penglihatan dalam berbagai jangkauan jarak dapat dialami oleh seseorang yang mengidap rabun jauh atau disebut juga miopia dan rabun dekat atau disebut juga hipermetropi. Apabila tidak mendapat penanganan yang tepat, astigmatisme dapat menimbulkan sakit kepala dan mata lelah, apalagi jika menggunakan mata dalam waktu yang lama.

Astigmatisme merupakan gangguan penglihatan yang disebabkan cacat pada lengkungan lensa atau kornea yang berakibat pandangan terdistorsi atau kabur. Astigmatisme umumnya muncul saat lahir, namun bisa juga disebabkan oleh cedera yang dialami oleh mata di kemudian hari atau sebagai komplikasi dari operasi mata.

Astigmatisme dapat menyebabkan gangguan penglihatan pada aktivitas sehari-hari pengidapnya. Beberapa gejalanya, yaitu:
Pandangan yang samar atau tidak fokus.
Pusing.
Mata lelah.
Sensitif terhadap sorotan cahaya (fotofobia).
Kesulitan membedakan warna-warna yang letaknya bersebelahan.
Kesulitan melihat gambar secara utuh, misalnya garis lurus yang tampak miring.
Pada kasus astigmatisme yang parah, penderita dapat mengalami penglihatan ganda.
Penyebab Astigmatisme
Astigmatisme disebabkan oleh lensa atau kornea yang tidak mulus sehingga mengakibatkan cahaya yang masuk ke mata jadi tidak fokus saat diteruskan ke retina. Inilah mengapa pandangan yang dihasilkan mata menjadi buram.





Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar